Rabu, 14 Agustus 2013

Tulisan bagus belum tentu menarik.




Sebuah tulisan menarik adalah sebuah tulisan yang tidak cukup hanya dengan memenuhi kriteria bagus. Tulisan menarik adalah tulisan yang mempunyai perbedaan.

Perbedaan dalam sebuah tulisan sering dikatakan sebagai nilai lebih dari sebuah karya.

Tulisan bagus:

Tulisan yang sesuai tema, ditulis secara runtun dan memenuhi kaidah penulisan bahasa Indonesia yang benar dan baik.

Tulisan bagus bisa dituliskan (walau seharusnya) oleh semua yang mendapatkan pendidikan formal (sekolah). Kenyataannya, tidak semua orang bersekolah mampu menuliskan sesuai dengan kriteria bagus. Mungkin itu sebabnya profesi editor masih sangat diperlukan dan memegang peranan penting . Bukan sekedar bagaimana membuat tulisan tersebut bagus tapi juga punya andil membuat tulisan menjadi menarik.

Lalu apa yang dimaksud dengan kriteria menarik?

Biasanya menarik itu sangat subyektif dan besar pengaruhnya dari kepentingan sipembaca. Namun demikian beberapa hal ini dapat dijadikan pegangan:

1. Memiliki perbedaan (Baik dari informasi yang disajikan-ada info baru, sampai gaya bercerita )

2. Tema diolah secara menarik, Tema biasa akan menjadi istimewa jika dikemas berbeda dari yang biasa tersaji.

3. Cerita menjadi hidup/menarik jika yang dibicarakan/diceritakan kebiasaan/keputusan orang hebat/besar (Bos/artis/tokoh masyarakat)

4. Isinya benar dan lengkap (Disertai sumber informasi)

Dalam penulisan novel jika informasinya dikutip dari buku atau media cetak, diikuti nama media cetak, waktu terbit atau judul buku dan terbitan siapa) akan meningkatkan kualitas tulisan/kredibilitas penulis. Tapi jangan lupa, tidak salah juga menyajikan informasi dari media hasil ciptaan sendiri tapi diharapkan data yang disajikan benar, bukan hasil imajinasi. (Poin ini tidak terlalu penting pada penulisan cerpen)

5. Isinya tidak hanya informasi yang bagus dalam pengertian informasi positif. Lebih dari itu informasi yang disajikan mampu menggugah si pembaca.

6. Dipromosikan dengan baik dan luas, sehingga dibaca orleh beragam masyarakat dan jangkauan yang luas. (Peran aktif penulis mempromosikan buku karyanya sangat diharapkan)

Salam sastra Bunda Icha/Penulis dan Sastra

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Buku bagus belum tentu dibaca. Tapi buku menarik akan selalu dinantikan kelanjutannya untuk dibaca

Dian Anthie mengatakan...

wah betul Bunda Pedas, trimakasih atas ilmunya salam pedas dari Dian :)

Deni A.L mengatakan...

terima kasih ilmunya :D

Posting Komentar

PEDAS BLOG:



Berisi berbagai informasi pengetahuan umum dan sastra, buku karya para penulis anggota grup PEDAS. Serta kegiatan Grup Pedas-Penulis dan Sastra.

Sekaligus sebagai media informasi PEDAS PUBLISHING. Sebagai penerbit Indi yang menerima naskah-naskah untuk diterbitkan sesuai keinginan si penulis. Dan buku-buku terbitan PEDAS PUBLISHING dapat diperoleh dengan sistem Print On Demand (POD). Lini penerbitan sudah mulai beroperasi. Ditandai dengan penerbitan buku antologi 135 Puisi Romantis: Cinta Dalam Empat Dimensi

 
Design by alisakit | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Cap Kaki Tiga Setia Manfaat