Selasa, 09 April 2013

Cerita Pendek/Cerita Pendek sekali (flash fiction) dan Cerita Mini


Cerita pendek sering disingkat cerpen adalah salah satu bentuk prosa. Sesuai namanya cerita pendek adalah sebuah kisah yang pendek. Pengertian panjang dan pendeknya sebuah cerpen mempunyai banyak pemahaman. Cerita pendek awalnya dibatasi dengan jumlah kata mulai dari 2000-20.000. Atau batasan halaman 10-20  halaman kertas ukuran A4, spasi 2.

Namun pada perkembangannya cerita dengan panjang di bawah ketentuan tadi, juga disebut cerita pendek. Padahal harusnya Cerita pendek sekali, atau ff/ flash fiction Mulai dari 200 sampai di bawah 2000 kata. Tapi terobosan terus dilakukan. Cerita Pendek Sekali, maksimal 500 kata. 

Bahkan di bawah 100 kata. Nah yang terakhir bukan lagi kata sebagai ukuran tapi karakter/huruf. Bahkan sejak berkembangnya sosial media seperti twitter ada akun fiksimini yang memplopori cerita sepanjang 140 karakter atau kurang dari itu.Dan disebut dengan Cerita Mini.

Akhir-akhir ini flash fiction menjadi daya tarik bagi banyak penulis. Pembatasan jumlah kata yang berkisar antara 200 - 500 kata menjadi tantangan tersendiri. Karena dengan pembatasan jumlah kata, unsur/syarat sebuah cerpen tetap harus terpenuhi. Yaitu : Penokohan, konflik, klimaks dan penyelesaian.


Pada flash fiction, penulis ditantang untuk langsung membuat "gebrakan", di awal dengan tetap memberikan diksi/majas yang indah. Menjadi sebuah flash fiction yang menggigit, manakali twist (kejutan) benar-benar di luar bayangan/perkiraan pembaca.

Tidak semua penulis mampu membuat twist dalam flash fiction. Dan inipun menjadi tantangan lainya. Bagi penulis novel, menulis cerpen sangat menjengkelkan, karena tidak dapat mengembangka cerita ke mana-mana/. Dalam cerpen, fokus adalah salah satu kunci.

Kalau mau dicermati, flash fiction tidak berbeda dengan cerpen hanya lebih pendek. Seperti sebutannya flash fiction, yang berarti sekilas kisah. Nah karena namanya hanya sekilas, jadi tidak mungkin ff itu berangkat dari masa lalu atau menggunakan seting cerita memori yang panjang. Ff, terjadi sekarang, menemukan masalah sekarang, diselesaikan sekarang.

Sebetulnya kalau anda rajin googling, pengertian tentang cerpen dan ff sangat banyak. Namun semakin  banyak informasi akan semakin membingungkan. Karena memang tidak ada ketentuan yang baku. sama seperti pembatasan jumlah kata/karakter.  Maka pengertian flash fiction atau cerita pendek sekali atau cerita yang diperpendek, sering saya katakan sebagai sebuah cerita yang di mulai saat naik angkot ke pasar dan selesai saat turun di pasar. 

Perjalanan dari rumah, diperjalanan dan tiba di pasar, adalah sebuah perjalanan yang pastinya ada banyak cerita di situ. (Macet, interaksi antar penumpang, penumpang dengan sopir dll.) Demikianlah sebuah ff harus dibuat, fokus pada satu cerita. Pembatasan jumlah kata/karakter menjadikan ff sebagai kisah satu jalur.  Sebuah cerita yang habis dilahap sebelum anda sempat berpikir untuk membalik halaman selanjutnya. Mengapa? karena cerita sudah selesai.





0 komentar:

Posting Komentar

PEDAS BLOG:



Berisi berbagai informasi pengetahuan umum dan sastra, buku karya para penulis anggota grup PEDAS. Serta kegiatan Grup Pedas-Penulis dan Sastra.

Sekaligus sebagai media informasi PEDAS PUBLISHING. Sebagai penerbit Indi yang menerima naskah-naskah untuk diterbitkan sesuai keinginan si penulis. Dan buku-buku terbitan PEDAS PUBLISHING dapat diperoleh dengan sistem Print On Demand (POD). Lini penerbitan sudah mulai beroperasi. Ditandai dengan penerbitan buku antologi 135 Puisi Romantis: Cinta Dalam Empat Dimensi

 
Design by alisakit | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Cap Kaki Tiga Setia Manfaat